Senin, 12 Juli 2010

Makna Bunga dan Berbagai Warnanya

Bunga. Yap! Bagian yang menjadi alat reproduksi untuk tanaman ini memiliki mahkota indah dengan berbagai bentuk dan warna yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga agar mau hinggap dan terjadi proses penyerbukan. Tapi ternyata tak hanya binatang kecil itu yang tertarik pada keindahannya. Bunga dengan kelopak yang indah juga menarik perhatian manusia dan sering kali bunga dijadikan sebagai salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan perasaan seseorang pada orang lain. Biasanya, mereka akan memberi pada orang yang dituju sesuai dengan makna dari setiap bunga dan warnanya.

Kebiasaan memberi nama pada bunga ini kerap disebut dengan Floriography (Inggris. Floriografi: bahasa bunga). Floriografi dikenal sejak jaman Victoria yang berarti komunikasi dengan menggunakan bunga dan karangan bunga untuk mengirim pesan khusus, di mana seseorang dapat menyampaikan pesan terdalamnya yang tidak dapat diungkapkan. Tapi makna bunga yang ada pada jaman itu, saat ini sebagian besar sudah hampir hilang. Tapi saat ini mawar merah masih dipercaya sebagai lambang gairah atau cinta.

Bunga Mawar

Bunga mawar adalah bunga yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Bunga ini memiliki berbagai macam warna, yaitu merah, putih, kuning, peach, ungun, hitam, jingga dan lain-lain. Bunga ini dapat tumbuh di mana saja. Namun akan jauh lebih efektif untuk bunga mawar potong jika bunga mawar ini ditanam di daerah bersuhu rendah seperti di pegunungan. Selain warna bunga yang indah, mawar juga memiliki bau yang harum. tetapi hati-hati jika akan memetiknya, dari batangnya terdapat duri-duri kecil yang tajam.

Mawar merah sering diartikan sebagai lambang perasaan cinta kepada pasangan atau kekasih pujaan. Mawar merah tak hanya berbicara tentang gelora asmara tapi juga menyimbolkan penghargaan dan keberanian.


Mawar putih memiliki arti kesucian cinta, kerendahan hati, serta penghormatan. Mawar putih merupakan warna yang paling netral di berbagai situasi dan kondisi. Beberapa sumber mengatakan bahwa mawar putih juga merupakan simbol persahabatan sejati.


Mawar merah muda menggambarkan kebahagiaan. Namun mawar ini ternyata memiliki turunan warna. Jika terlihat lebih tua digunakan untuk menyatakan terima kasih, sementara jika warnanya cenderung muda untuk mengungkapkan perasaan kagum dan simpati kepada seseorang yang kita tuju. Ada pula yang berpendapat bahwa bunga mawar mearh muda ini juga bisa digunakan untuk menyatakan perasaan suka pada seseorang.



Mawar kuning menurut simbol Victorian, warna kuning menggambarkan cinta platonik dan konon katanya di beberapa negara bisa menjadi lambang kecemburuan. Tapi ada pula yang memaknainya sebagai lambang perkenalan.


Mawar peach melambang sebuah kehangatan dalam persaudaraan, pertemanan, kekaguman terhadap orang lain.


Mawar Jingga atau Oranye memiliki makna sebagai ucapan selamat. Karena warna jingga ini memiliki arti sebuah keberuntungan.


Mawar hitam dapat melambangkan sebuah ungkapan duka cita dan rasa benci. Tapi sebagian juga mengatakan bahwa mawar hitam juga digunakan untuk menyatakan perasaan kepada seseorang yang menjadi obsesi sejak lama.


Bunga Lily

Bunga Lily berbentuk corong dan biasanya berwarna putih. Tapi karena semakin canggihnya teknologi, banyak terjadi perkawinan silang yang menghasilkan berbagai macam warna bunga Lily, yaitu pink, kuning, dan lain-lain. Bunga ini memiliki bau yang sangat harum. Menurut riset sejumlah ahli, bunga lily memiliki sifat kimiawi, yaitu dingin, manis, dan agak pahit. Karena sifatnya ini, bunga lily memiliki efek farmakologis yang terkandung di dalamnya yang digunakan untuk obat batuk dan obat penenang. Beberapa penyakit yang bisa diatasi bunga lily adalah batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, jerawat, dan lain-lain.

Lily Putih melambangkan sebuah keabadian dan kesucian cinta, serta sebagai lambang kesahajaan. Oleh karena itu, bunga ini kerap menghiasi berbagai macam acara pernikahan yang memiliki konsep white romantic. Namun, bunga ini juga kerap menghiasi acara pemakaman. Sebab ada yang berpendapat bahwa bunga lily adalah lambang kebangkitan hidup.


Lily merah muda melambangkan sebuah keromantisan. Selain karena warna merah muda yang berarti kasih sayang, keharuman dan bentuk bunga lily ini bisa menjadi lambang keindahan cinta.


Lily kuning melambangkan sebuah keoptimisan dan kepercayaan diri untuk meraih kesuksesan dan keberuntungan.


Bunga Krisan

Bunga yang paling kerap menghiasi acara pernikahan ini sebenarnya memiliki arti persahabatan yang sejati. Diambil dari filosofi bentuk bunganya yang memiliki begitu banyak mahkota dengan berbagai macam ukuran yang bersatu dan bersumber dari kelopaknya yang besar. Maknanya, apapun perbedaan yang ada, jika memang hatinya telah terpaut dalam sebuah persahabatan, maka selamanya akan tetap bersatu. Tetapi karena berbagai warna yang dimiliki bunga ini dan harganya yang murah, bunga ini kerap digunakan sebagai dekorasi dalam acara-acara pernikahan.

krisan putih

krisan ungu



krisan merah


krisan kuning

1 komentar:

  1. Annisa saya suka bunga Lily Putihnya, ijin copy paste ya untuk saya pasang di blog saya. Mampir main-main ke blog saya dan suami di
    http://langitbumi-naralendra.blogspot.com/

    *Salam Kenal, Naya :)

    BalasHapus

mohon kasih kritik saran :)